Distributor Botol Plastik

Distribusi dalam sebuah sektor ekonomi memiliki manfaat yang sangat penting. Distribusi merupakan kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen supaya barang produksinya tersebar luas. Fungsi dari distribusi tersebut adalah mendekatkan preodusen dan konsumen sehingga barang dan jasa yang diinginkan konsumen atau produsen dpat tersalurkan atau didapatkan. Intinya adalah distribusi itu merupakan penghubung antara produsen dan konsumen lebih dekat.

Pelaku yang menjalankan peran sebuah distribusi dinamakan distributor. Jadi produk yang dihasilkan oleh produsen selaku pembuat barang yang diinginkan konsumen dapat sampai ke konsumen memerlukan sebuah lembaga yang dinamakan distributor sebagai perantara antara produsen dan konsumen.

Distribusi Memiliki Beberapa Tujuan yang Diantara Lainnya Sebagai Berikut:

health.kompas.com

health.kompas.com

  • Kelangsungan kegiatan produksi dapat terjamin

Dengan adanya distributor yang mendistribusikan produk yang dihasilkan oleh produsen atau perusahaan, produsen dapat menjual barang yang dihasilkan dan mendapat keuntungan dari hasil penjualan yang dimana keuntungan tersebut terdapat distributor yang menditribusikan produk yang dihasilkan oleh produsen atau perusahaan.

  • Barang dan jasa hasil produksi dapat bermanfaat bagi konsumen

Barang yang sudah diproduksi oleh produsen atau perusahaan tidak akan ada artinya jika barang yang diproduksi tetap di tempat produsen. Maka dari itu pelaku distributor sangatlah penting juga untuk sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Jadi barang akan bermanfaat setelah adanya kegiatan distribusi.

  • Konsumen dapat memperolah barang dan jasa jadi lebih mudah

Konsumen maupun produsen tidak terlalu ribet-ribet atau terlalu jauh-jauh harus mengambil barang dari produsen yang berbeda daerah. Cukup terdapat sebuah pelaku distributor untuk menyalurkan atau mendistribusikan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

Dalam Distribusi pun Ada Beberapa Jenis-jenisnya, Diantaranya adalah:

  • Distribusi langsung

Distribusi langsung ini adalah penyaluran atau penjualan barang produksi yang dilakukan secara langsung oleh konsumen kepada produsen tanpa melalui perantara distributor atau pelaku pihak kedua.

  • Distribusi tidak langsung

Distribusi tidak langsung ini adalah penjualan atau penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen terdapat perantara. Perantara disini adalah orang kedua yang terlibat dalam penjualan atau penyaluran agar memudahkan produsen untuk mendistribusikan produknya ke konsumen yang jauh, dan memudahkan konsumen mendapatkan barang yang jauh pula.

Adapun Faktor-faktor yang Mempengaruhi Distribusi yaitu:

telenoticias.com.do

telenoticias.com.do

  • Faktor Pasar

Ruang lingkup faktor pasar ini dipengaruhi oleh pola pembelian konsumen, banyaknya jumlah konsumen yang membeli, letak geografis konsumen, dan banyaknya jumlah pesanan dan kebiasaan konsumen dalam membeli baranng dan jasa.

  • Faktor Barang

Faktor barang ini dilihat dari pertimbangan segi barang yang bersangkut-paut dengan nilai unit. Termasuk juga dilihat dari berat dan besar barang produksi, apakah barangnya mudah rusak apa tidak, dan bagaimana standar barang dan pelayanan yang diberikan.

  • Faktor Perusahaan

Faktor yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah sumber dana yang diperlukan di sebuah perusahaan, dan juga pengalaman, kemampuan manajemen serta pengawasan dan pelayanan yang diberikan.

  • Faktor Kebiasaan dalam Pembeli

Perantara dalam sebuah kebiasaan pembelian merupakan pertimbangan yang juga diperlukan dalam faktorĀ  distribusi. Kemudian sikap perantara terhadap kebijaksanaan produsen, volume penjualan dan ongkos penyaluran barang produksi.

Perantara-perantara (Pelaku Distribusi) Khusus Dalam Menyalurkan Barang dari Produsen ke Konsumen Meliputi:

www.minidsp.com

www.minidsp.com

  • Agen (Dealer)

Agen ini adalah perantara atau distributor pemasaran atas nama perusahaan. Perantara ini mendistribusikan barang hasil produksi ke daerah-daerah tertentu. Upah yang diterima bagi para pelaku distribusi berupa pengurangan harga dan komisi.

  • Broker (Makelar)

Broker atau nama lain dari makelar ini adalah perantara yang kegiatannya mempertemukan antara penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi jual beli. Upah yang diterima oleh broker ini adalah kurtasi atau provisi.

  • Komisioner

Pelaku ini bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan atas nama dirinya sendiri sebagai perantara penjual dan pembeli. Upah yang diterima pelaku ini disebut komisi.

  • Eksportir

Pelaku yang menyalurkan barang dan jasa hasil produsen ke luat negeri.

  • Importir

Pelaku ini melakukan kegiatannya dengan menyalurkan barang dari luar negeri ke dalam negeri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *