Waspada, Apakah Galon Air Minum di Rumah Anda Ber-Kode PET/PETE?

Bagi anda yang menggunakan galon sebagai wadah air minum, mulai sekarang anda harus lebih teliti. Pasalnya tidak semua galon air minum aman untuk digunakan setiap hari. Jika anda hendak membeli galon air minum hendak lah periksa kode yang ada pada galon tersebut. Jika kode yang tertera pada galon tersebut adalah PET (Polyethylene terephthalate) dimana biasanya dilambangkan dengan angka 1 di tengah gambar segitiga logo daur ulang maka sebaiknya jangan digunakan.

Perlu kita ketahui bersama bahwa secara internasional telah diatur kode untuk kemasan plastik, yang mungkin bagi kita sangat perlu untuk diketahui, karena tanda tersebut berkaitan dengan jenis bahan serta cara dan dampak pemanfaatannya bagi manusia. Kode PET (Polyethylene terephthalate) dianjurkan hanya sekali pakai saja, jika terlalu sering dipakai maka tentunya akan mengganggu kesehatan.

galon-air-minum

www.pintarin.com

Kode ini dikeluarkan langsung oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1988 di Amerika Serikat dan diadopsi pula oleh lembaga-lembaga di dunia yang mengembangkan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization).

Biasanya tanda / kode daur ulang tersebut terletak di bagian bawah galon. Bentuknya segitiga kemudian di tengahnya terdapat tulisan angka yang membedakan kode tersebut satu dengan lainya. Kode PET ini diajnjurkan untuk sekali pemakaian, karena jika terlalu sering dipakai apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat atau air panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengakibatkan keluarnya zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang.

Galon air merupakan wadah yang tentunya dipakai berkali-kali, oleh karena itu tidak semestinya bahan dari wadah ini menggunkan kode PET (Polyethylene terephthalate) yang dianjurkan digunakan sekali pakai. Jika para produsen galon tidak memerhatikan hal ini, terlebih jika pemerintah juga diam saja, makan akan semakin banyak masyarakat yang terkena dampaknya.

Masalah seperti ini tentu harus menjadi perhatian pemerintah seperti Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK), BPOM, dan lembaga terkait yang berhak memberikan ijin dan pengawasan galon air minum. Semoga hal ini tidak dibiarkan berlarut-larut dan kemudian diiringi dengan adanya pengganti galon berkode PET yang sudah buruk dan berkali-kali dipakai dengan kondisi yang lebih baik sehingga tidak menjadi ancaman kesehatan masyarakat.

Jenis Produk kemasan indobotol yang lain seperti jual botol minyak wangi, botol minyak goreng, botol kosmetik dll.

Untuk informasi pemesanan, harga dan keterangan lebih lanjut anda dapat menghubungi nomor customer service (CS) kami via :

Telp/WA              : 0813 6883 1934 (Telkomsel)

email                     : info@indobotol.com.

Pin BB                   : 5f5ec3c0

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *